Al Barqy: Metode Cepat Belajar Baca Quran

Bisa membaca Al Quran tentu saja keharusan yang mutlak bagi seorang muslim. Dan sebuah keberuntungan bagi anak-anak di zaman ini, metode belajar baca Al Quran makin banyak pilihannya. Dengan demikian, orang tua bisa memilih metode yang paling sesuai dengan karakter belajar anak.

Salah satu metode Belajar Baca Al- Quran (BBAQ) yang ingin saya informasikan adalah metode Al Barqy. Metode ini kami pakai untuk mengawali proses BBAQ anak-anak kami di rumah.

Prinsip Metode Al-Barqy
1. Menggunakan titian ingatan untuk mengenalkan bunyi dan bentuk huruf

2. Menggunakan kemiripan bentuk dan bunyi huruf sebelumnya untuk mengenal huruf yang tidak tercakup dalam kelompok titian ingatan.

3. Langsung dikenalkan pada huruf sambung selain huruf tunggal.
4. Langsung dikenalkan fattah, dhomah, kasrah, tanwin, panjang – pendek, dan tajwid.


Metode ini cocok juga untuk orang dewasa yang baru belajar BBAQ,karena sistemnya yang relatif kuat mengkoneksikan belahan kiri dan kanan otak. Proses belajar jadi tidak menjemukan.

Al Barqy juga bagus sekali untuk sasaran anak usia SD tingkat atas dan remaja, karena bisa menumbuhkan rasa percaya diri dibandingkan dengan metode belajar konvensional.

Saran: Meskipun disebut metode 8 jam, namun bagi anak-anak sebaiknya tidak menggunakan patokan waktu dalam belajar. Sesuaikan saja dengan daya tahan mereka.