Mencetak Bubur Kertas Pada Daun

Sekalian karena ada 3 keponakan yang sedang berlibur, saya coba mengajak anak-anak untuk bereksperimen dengan bubur kertas. Sebelumnya kami pernah mencoba pembuatan daur ulang kertas dengan menggunakan screen, dan mencetaknya pada mangkuk. Namun kali ini kami mencetaknya pada daun. Proses pembuatannya sebagai berikut:

1. Bubur kertas ditempelkan pada punggung daun markisa, krisan, dan kenanga. Ketiga jenis daun ini memang ada tanamannya di rumah kami. Intinya, cari yang paling mudah didapat dan tulang daunnya kelihatan.


2. Setelah kelebihan air diserap dengan spons, bubur kertas dikelupas dari daun. Tekstur daun pun terlihat. Ruas-ruas tulang daun ternyata cantik juga, bukan?

3. Setelah dilepas dari cetakannya, lapisan kertas ini dijemur. Hasilnya setelah kering bisa dilihat pada foto di bawah ini:

Bahan-bahan kering ini bisa dijadikan bahan baku craft lainnya, misalnya hiasan tempel dan bahan daun untuk rangkaian bunga dari kertas krep. Insya Allah akan saya tampilkan dalam postingan berikutnya.