Filter Udara Alami

Tanjungsari-Bandung dalam keadaan normal, tanpa macet, sebenarnya bisa ditempuh hanya dalam waktu 1 jam dan bahkan kurang. Namun kemacetan yang makin meningkat, membuat waktu tempuh seringnya mencapai 1,5 dan bahkan pernah hingga 2,5 jam. Dan mungkin disebabkan padatnya jumlah kendaraan, polusi udara juga makin pekat, walau tak terlihat. Karena itu, saya sering terserang sakit kepala berat setelah berada di Bandung hingga pulang ke rumah.
 
Kemarin, saat ke Bandung lagi, saya terpikir mencoba membuat terapi untuk mengurangi polusi yang masuk ke pernapasan. Terlebih kondisi badan belum betul-betul fit sehabis flu. Kemungkinan munculnya sakit kepala akan lebih besar.
mawar kering
Logika terapinya adalah bagaimana agar udara yang saya hirup bisa terfilter oleh sesuatu sehingga relatif lebih bersih saat masuk ke paru-paru. Saya putuskan menggunakan stok mawar dan chamomile kering di stoples. Saat tanda-tanda sakit kepala mulai terasa, saya menghirup aroma bunga-bunga ini. Ada dua cara yang saya lakukan: pertama, saya menghirup langsung dari stoples bunga dan yang kedua, saya seduh beberapa bunga dengan air panas di dalam cangkir (note: saya selalu bawa termos kalau pergi ^_^). Setelah air agak dingin, saya celupkan selembar tissue yang dilipat empat sampai basah, lalu angkat dan peras airnya supaya tidak menetes. Saya letakkan tissue itu sebagai masker di hidung dan mulut.
 
Hal yang saya rasakan setelah melakukan terapi itu, potensi sakit kepala yang sebenarnya beberapa kali muncul, alhamdulillah bisa terhalau.
 
Meskipun selama di Bandung melewati jalanan yang padat, dan saat pulang pun dari Jatinangor ke Tanjungsari macet parah sebagaimana biasa, tiba di rumah gejala pusing dan sakit kepala tidak terasa. Bagi saya, hal itu merupakan kemajuan yang luar biasa. “Miracle of plant, miracle of nature” ! ^_^
 
Semoga testimoni saya ini bermanfaat. Rencana berikutnya: bikin masker udara alami siap pakai. Barangkali ada yang mau pesan? Setelah saya browsing, ternyata memang sudah ada produk “pure air mask”. Tinggal ikut meramaikan dengan versi organik 😀