Manfaat Plus Peta

Peta yang ditempel di dinding sangat besar manfaatnya bagi anak-anak kami. Peta tak hanya menjadi gambar penanda suatu wilayah tapi melambungkan pikiran anak-anak pada semesta alam. Peta membawa mereka terbang mengunjungi berbagai belahan bumi dan menumbuhkan semangat ingin tahu tentang apa yang ada di negeri-negeri yang jauh.

Apa Saja Yang Bisa Dipelajari dari Peta?
Pada Kurikulum Nasional mata pelajaran IPS kelas 4 SD sudah mulai dipelajari tentang geografi. Peta adalah papan pantul untuk menarik minat anak-anak belajar lebih luas tentang materi ini. Lemparan pertama adalah rasa ingin tahu terhadap benua, Kedua, mengamati nama-nama negara, bendera, dan ibukotanya. Ketiga, mengenal bangunan-bangunan dan tempat terkenal di berbagai negara. Keempat, mengenal bahasa dan budaya. Kelima, mengenal makanan khas. Keenam, mengenal perbedaan iklim, dan pasti banyak lagi hal lain jika terus digali.

Pengembangan materi sangat terbantu dengan adanya buku-buku populer tentang negara dan juga browsing di internet. Kami berlangganan content di enchantedlearning untuk mendapatkan latihan-latihan membaca peta negara-negara di dunia. Resource di website ini juga bisa digunakan tanpa berlangganan. Bedanya hanya pada resolusi gambar yang relatif kecil. Namun sebagai sumber ide menurut saya cukup baik.

Mengerucut kemudian ke peta Indonesia dan provinsi, maka lebih faktual lagi tema belajarnya. Anak-anak bisa dikenalkan pada makna-makna teritorial dari mulai negara, provinsi, kabupaten, kecamatan, kelurahan. Wacana belajar akan melebar ke istilah-istilah untuk para kepala setiap teritorial. Kita bisa mengenal batas-batas kota yang terdekat dengan tempat tinggal, jaraknya, waktu tempuhnya, dan posisinya berdasarkan arah mata angin.

Di dalam peta sudah dicantumkan juga keterangan penjelas yang disebut LEGENDA. Di situlah dijelaskan makna-makna simbol, baik berupa gambar, garis, maupun perbedaan warna dalam peta. Anak-anak jadi bisa secara mandiri melihat keterangan tersebut.

Kegiatan praktis yang menarik terkait pengembangan belajar lewat peta insya Allah akan saya bagi pada postingan berikutnya ๐Ÿ™‚