Berlatih Pramuka

Mengenalkan kegiatan pramuka kepada anak-anak sudah lama menjadi keinginan saya. Alhamdulillah, beberapa bulan lalu ketemu beberapa teman yang memiliki harapan serupa. Berawal dari Klub Kecil yang kami bentuk dan terdiri atas 6 keluarga (keluarga teh Lia Barra, teh Insania Zakiah, Eva Zakiyah Sofa, teh Deasy Puspitasari, teh Mbak Hilda Purnamasari, dan keluarga kami) akhirnya ide itu terus bergulir dan menghasilkan satu grup baru yang kami beri nama Pramuka Homeschooler Bandung. Per tanggal 24 Oktober 2013, sudah berlangsung 3x pertemuan, dan alhamdulillah kegiatan makin terarah.

Pertemuan Pramuka ke-1 (10 Oktober 2013)

Pertemuan Pramuka ke-1 (10 Oktober 2013)
—Foto by. bunda Eva Zakiyah Sofa—

 

IMG_4060x

Pertemuan Pramuka ke-2 (17 Oktober 2013)

baris5x

Pertemuan Pramuka ke-3 (24 Oktober 2013)

Kegiatan pramuka menawarkan banyak sekali item kemampuan yang bisa digali: Kecakapan bergaul, berkomunikasi, ketangkasan, kepemimpinan, keterampilan hidup, cinta tanah air, survival, mengenal ke-bhinekaan, dan banyak lagi. Daripada bingung dan repot mencari konsep-konsep baru untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kami memilih untuk mengambil format yang sudah ada. Hanya saja, kami ikut menambahkan muatan-muatan khusus sesuai kebutuhan. Inilah kegiatan yang mudah-mudahan bisa menjadi sarana sosialisasi anak-anak kami sekaligus menjadi irisan yang menyatukan teman-teman homeschooler di Bandung tanpa memandang suku, agama, ras, dan juga komunitas. Amin.

O’ya, satu bulan pertama anak-anak tidak berseragam dulu sampai terlihat konsistensinya. Insya Allah bulan kedua kami mulai menyiapkan seragam, supaya anak-anak tambah semangat 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *