Membuat Larutan Hidroponik

Sudah hampir 2 bulan kami tinggal di Bandung. Pekarangan rumah yang kami kontrak tidaklah begitu luas. Supaya tetap bisa memproduksi sayuran, saya harus menyiasatinya. Salah satunya dengan mencoba cara bertanam hidroponik. Sudah lama juga sebenarnya penasaran ingin mencoba, tapi kendala saya adalah larutan nutrisinya. Saya sih berharap bisa memakai larutan alami bikinan sendiri, tapi sejauh ini masih belum berhasil. Nah, daripada terus penasaran,saya putuskan untuk menjajal nutrisi sintetis dulu, sembari menanti uji coba organik versi saya :D.

azkia hidro

Meskipun ini adalah projek ibunya, tapi juga merupakan ajang eksperimen buat Azkia untuk melatih kebiasaan ilmiah. Tema ini erat kaitannya dengan materi kimia dan biologi. Silakan lihat fotonya. Antusias sekali, kan? :D. Kalau saya perhatikan, segala macam pelajaran, ketika dikaitkan dengan konteks atau manfaat nyata, hasilnya selalu menarik dan merangsang rasa ingin tahu.



Jadi, inilah kegiatan Azkia tanggal 30 September: membuat larutan AB mix hidroponik dan bereksperimen menggunakan larutan itu untuk menanam sisa bibit pokchoy dalam semaian. Bagaimana hasilnya? Kita tunggu sepekan ke depan, ya :D. Tapi mudah-mudahan, tidak lama lagi saya bisa menemukan nutrisi hidroponik yang murni organik. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *