Ramadhan Hari ke-5

Fungsi ruang tamu kami, sekaligus ruang peminjaman buku, sedangkan teras jadi ruang bermain. Di musim liburan seperti sekarang inilah anak-anak berdatangan. Hal itu sangat menyenangkan, karena buku-buku jadi punya pembaca tambahan.

ramadhanDulu, saat kami mulai pindah ke rumah ini, anggota taman bacaan informal kami sangat banyak. Namun seiring waktu, tinggal beberapa anak saja yang masih betah pinjam buku. Dan paling banyak, ya di saat liburan seperti Ramadhan.

Sempat sih ada godaan untuk menutup peminjaman buku, karena minimnya jumlah pengunjung. Akan tetapi, kemudian saya seperti diingatkan, apalah arti banyak dan sedikit, bukankah kebajikan itu tidaklah kecil dalam sedikitnya, melainkan pintu yang besar untuk menjemput kebajikan lainnya.

“…..Dan barangsiapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui.” (Al Baqarah:158 ﴿

“Sesungguhnya Allah tidak menganiaya seseorang walaupun sebesar zarrah, dan jika ada kebajikan sebesar zarrah, niscaya Allah akan melipat gandakannya dan memberikan dari sisi-Nya pahala yang besar.” ﴾ Q.S An Nisaa:40 ﴿

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *