(Sains) Mengenal Tumbuhan Liar

Perjalanan ke sawah bisa menjadi ajang belajar yang menakjubkan menurut saya. Tumbuhan liar ada di mana-mana: Bandotan, patikan kebo, pecut kuda, sinyo nakal, pegagan, dan bahkan kami temukan ketepeng cina di tengah pematang sawah.

Meskipun saya tahu, pada awalnya anak-anak sedikit takut berjalan di pematang sawah yang licin, terlebih yang lebarnya kecil, tapi saya juga melihat mereka bahagia sekali.  Mereka membawa buku untuk melihat profil lengkap tanaman yang kami temui di perjalanan. Karena membawa kamera saku, lumayan lah ada dokumentasi.

Indonesia itu kaya dengan tumbuhan liar yang bermanfaat sebagai obat. Berbagai penelitian kian giat di lakukan untuk memaksimalkan pemanfaatan tumbuhan liar. Beberapa malah sudah diproduksi dalam bentuk kapsul atau minyak esensial.  Saya menduga, dalam bidang farmasi, kelak tumbuhan liar ini akan menjadi harapan ketika obat-obat yang ada ternyata sudah resisten.

Dengan mengenalkan tumbuhan liar itu sejak kecil, setidaknya akan  mereka memiliki pengetahuan tentang hal tersebut meski belum begitu mendalam.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *